Cara Hemat Kuota Internet dan Beli Pulsa Murah

Internet kini sudah menjadi bagian penting dari masyarakat. Dengan koneksi internet banyak aktivitas yang rutin dilakukan, speerti browsing, aktif di media sosial, chating, mengecek dan mengirim email dan masih banyak hal lainnya. Terlebih, semua operator seluler di Indonesia mengklaim bahwa layanan data yang ditawarkan memiliki kecepatan tinggi sehingga mendorong semua penggunannya memaksimalkan layanan internet untuk beragam aktivitas.
Sederet kelebihan dan kemudahan dari internet membuat masyarakat semakin mudah beraktivitas dari berbagai tempat. Akan tetapi, untuk dapat terkoneksi ke internet tentu kita memerlukan yang namanya kuota dan pulsa. Dimana untuk kuota internet ini bisa kamu dapatkan dengan membeli pulsa sesuai dengan harga paket data yang diinginkan.
Tapi tidak perlu khawatir, karena untuk membeli pulsa kini semakin mudah. Selain melalui konter-konter terdekat bisa juga dilakukan secara online melalui ATM atau internet banking. Bahkan kini kamu bisa membeli pulsa secara online melalui situs e commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Sepulsa. Setelah memiliki pulsa, kamu bisa langsung memilih paket internet yang banyak ditawarkan operator. 
Namun yang harus diperhatikan adalah semakin banyak terakses ke internet maka kuota data yang dimiliki juga akan makin berkurang. Jadi cepat habis atau tidaknya kuota internet yang dimiliki tergantung dari intensitas pemakaian internet. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa strategi agar penggunaan kuota internet kamu tidak cepat habis sebelum waktunya. 
Untuk memudahkan Anda, berikut kami coba sajikan panduan lengkap cara hemat kuota internet serta panduan membeli pulsa murah secara online dan offline. Yuk disimak!  

Cara Menghemat Kuota Internet

cara hemat kuota
Untuk menghemat penggunaan kuota internet, kamu bisa melakukan sedikit pengaturan baik secara general ataupun pada aplikasi yang kamu gunakan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur hp supaya hemat kuota:

1. Atur Browser di Hp

Terdapat fakta bahwa penggunaan browser dapat menguras kuota internet kamu, terlebih browser default dari hp. Solusinya, kamu bisa mengganti browser default dengan browser pihak ketiga yang dilengkapi dengan fitur hemat kuota, seperti Opera.
Opera memiliki kemampuan untuk mengkompres website yang sedang kamu akses sehingga meminimalisir penggunaan kuota, termasuk fitur video boost untuk mengurangi proses buffering dan mengoptimalkan kualitas video tanpa harus menguras kuota data internet.
Pilihan lainnya adalah Google Chrome. Browser ini memiliki fitur penghemat data yang bisa kamu aktifkan dengan mengklik ikon tiga titik di bagian kanan atas, lalu pilih Setting > Bandwith > aktifkan fitur Data Saver.

2. Matikan Sinkronisasikan Akun

Sinkronisasi
Sinkronisasi otomatis dari akun yang ada di hp kamu telah terbukti memakan kuota internet yang besar. Untuk itu, matikan opsi sinkronisasi pada akun yang jarang kamu gunakan dengan cara masuk ke Settings > Accounts > pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan (jika memasukkan lebih dari 1 akun).

3. Batasi Pemakaian Mobile Data

Cara lain untuk hemat kuota adalah membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan peringatan pemakaian kuota internet. Dengan mengaktifkan fitur data usage warning dan limit system, kamu akan mendapatkan peringatan saat penggunaan kuota internet sudah melampaui batas. Cara ini bisa kamu diaktifkan dengan masuk ke Settings > Data Usage >  pilih cellular data dan set cellular data limit.

4. Restrict Background Data

Habisnya kuota internet juga bisa disebabkan oleh pemakaian data otomatis dari aplikasi yang berjalan di background. Meski tidak digunakan, aplikasi yang berjalan di background ini tetap aktif dan memakan kuota data internet kamu. Untuk mematikan pemakaian data di background, kamu bisa masuk ke Settings > Data Usage > tap tiga garis vertikal yang ada di bagian kanan atas > Restrict Background Data. Sebagai catatan, ada beberapa model hp yang memiliki setingan berbeda dari cara diatas. 

5. Batasi Update Aplikasi

Auto update
Agar hemat kuota data, kamu juga bisa membatasi update aplikasi. Sebaiknya, matikan fitur update otomatis yang terdapat di Google Play Store. Caranya buka aplikasi Playstore lalu klik Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only (atau bisa juga memilih do not auto update). Dengan begitu, hp kamu tidak akan melakukan update otomatis menggunakan kuota data, namun hanya pada saat perangkat terhubung ke jaringan WiFi saja.

6. Identifikasikan Aplikasi Boros Kuota

Ada banyak aplikasi yang secara abnormal memakan banyak sekali kuota data meskipun tidak digunakan secara aktif. Untuk itu, identifikasi daftar aplikasi boros kuota tersebut dengan cara masuk ke Settings > Data Usage > scroll ke bawah untuk melihat daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Bila ada aplikasi yang jarang kamu gunakan tapi memakan kuota data sebaiknya dihapus saja atau minimal di-disable. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendapatkan Fitur Selfie Focus di Samsung Galaxy A5 and A7 (2017)

Jenis Oli Motor yang Perlu Diketahui dan Kapan Harus Diganti